Kata-kata Mutiara

Rabu, 09 Oktober 2013

Buah-buahan yang Mengandung Vitamin A

Jenis-jenis Buah Sumber Vitamin A - Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini sangat berperan dalam pembentukan penglihatan. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam sistem imun.


Salah satu bentuk vitamin A yaitu beta karoten yang merupakan antioksidan yang  dapat menangkal radikal bebas.

Vitamin A bisa didapat dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun, pada artikel ini, penulis hanya fokus pada buah-buahan saja.

Berikut ini adalah nama-nama buah yang mengandung vitamin A.

1. Wortel
Wortel merupakan buah yang telah dikenal mengandung vitamin A. Buah ini biasa dipakai dalam sayuran. Selain itu, buah ini juga bisa dibuat jus. Semakin merah atau orange warnanya, maka semakin banyak kandungan vitamin A-nya. Wortel bisa berwarna seperti itu karena mengandung karoten, yang merupakan pigmen kuning dan oranye pada buah-buahan dan sayuran. Mengonsumsi wortel sangat bagus untuk kesehatan mata.

2. Semangka
Semangka merupakan buah yang mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin A. Meski kandungan vitamin terbesar pada buah semangka adalah vitamin C (14%), kandungan vitamin A dalam buah semangka juga lumayan, yaitu sebesar 3%. Dengan berbagai zat gizi dan manfaatnya bagi kesehatan, semangka sangat baik untuk dikonsumsi, apalagi saat cuaca panas.

3. Pepaya
Buah berikutnya yang mengandung vitamin A yaitu pepaya. Pepaya yang matang biasa dimakan secara langsung. Sedangkan pepaya yang masih muda biasa dipakai sebagai bahan sayur asem dan sayur lainnya. Kandungan vitamin A pada buah pisang (ukuran 18-20 cm) yaitu sebesar 2%. Karena mengandung vitamin A, maka mengonsumsi pepaya baik untuk penglihatan. Selain itu, pepaya juga berkhasiat untuk mempelancar pencernaan.

4. Blewah
Selanjutnya, buah yang mengandung vitamin A yaitu blewah. Buah ini mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, kalsium, potassium, zat besi, dan nutrisi lainnya. Untuk kandungan vitaminnya, salah satu vitamin yang terdapat pada buah melon yaitu vitamin A. Kandungan vitamin A dalam buah ini cukup besar, yaitu 21%. Buah ini seringkali dibuat minuman segar yang dinamakan es blewah.

5. Mangga
Buah yang mengandung vitamin A berikutnya yaitu mangga. Kandungan vitamin A per 100 gram buah mangga yaitu sebanyak 7%.

6. Tomat
Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin. Salah satu vitamin yang terkandung dalam buah tomat yaitu vitamin A. Dalam 100 gram buah tomat, mengandung 5% vitamin A. Tomat biasa dicampurkan ke dalam sayuran. Selain itu, buah ini juga biasa dinikmati sebagai jus.

Itulah beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin A. Buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin A yaitu labu/waluh dan aprikot. Jadi, buah-buaha tak hanya sekadar nikmat untuk dimakan, tetapi terdapat kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh.
thumbnail
Judul: Buah-buahan yang Mengandung Vitamin A
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Gizi, Vitamin :

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2QBS8Ez

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz