Kata-kata Mutiara

Jumat, 11 Oktober 2013

Jenis Sayur-sayuran Sumber Vitamin C

Pada artikel sebelumnya dijelaskan sedikit tentang peranan vitamin C dan juga sumber-sumber vitamin C yang bisa didapatkan dari buah-buahan. Selain buah-buahan, asupan vitamin C juga bisa didapat dengan mengonsumsi sayur-sayuran.


Apa sajakah sayur-sayuran yang memiliki kandungan vitamin C? Berikut ini adalah nama-nama sayuran yang mengandung vitamin C.

1. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran hijau yang termasuk ke dalam keluarga kubis. Brokoli mirip dengan kembang kol, bedanya kembang kol berwarna putih, sedangkan brokoli berwarna hijau. Brokoli mengandung kadar vitamin C yang tinggi dan serat. Dalam 100 gram brokoli, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 89,2 mg.

2. Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang terkenal dengan kandungan zat besinya. Selain zat besi, bayam ternyata juga mengandung vitamin C. Dalam 100 gram bayam, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 28 mg.

3. Kentang
Kentang termasuk ke dalam umbi-umbian. Kentang juga dapat digolongkan sebagai sayuran akar (root vegetable). Di Eropa, kentang menjadi salah satu makanan pokok. Namun, di Indonesia kentang biasa diolah menjadi sambal goreng. Selain kandungan karbohidrat, kentang juga mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C-nya yaitu 19,7 mg per 100 gram.

4. Kubis
Seperti halnya brokoli, kubis juga mengandung vitamin C. Kubis mengandung vitamin C sebanyak 36,6 mg per 100 gram. Kubis biasa diolah menjadi bahan campuran sayur, misalnya sayur sup.

5. Tomat
Tomat mengandung vitamin C sebanyak 14 mg per 100 gram. Tomat sering dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan saus. Tomat juga digunakan sebagai bahan campuran sayur. Selain itu, tomat bisa dimakan secara langsung atau dibuat jus. Secara botanikali, tomat tergolong buah. Namun, untuk tujuan kuliner tomat termasuk sayuran.

6. Cabai
Cabai mengandung vitamin C jauh lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan seperti pepaya, lemon, jeruk, nanas, stroberi, dan melon. Kandungan cabai hijau lebih besar daripada cabai merah. Untuk cabai hijau, kandungan vitamin C-nya sebanyak 244 mg per 100 gram. Sedangkan untuk cabai merah, kandungan vitamin C-nya sebanyak 144 mg per 100 gram.

7. Timun
Seperti halnya tomat, timun merupakan buah yang juga bisa disebut sayur. Timun sering dipakai sebagai bahan untuk membuat sayur. Timun sering dibuat acar. Adapun untuk kandungan vitamin C-nya, sayur ini mengandung vitamin C sebanyak 2,8 mg per 100 gram.

8. Paprika
Kadar vitamin C pada paprika sangat tinggi, khususnya paprika merah. Kandungan vitamin C pada paprika merah yaitu 190 mg per 100 gram.

9. Kale
Sayuran yang bernama kale sepertinya kurang populer di Indonesia. Kale mengandung vitami C sebanyak 41 mg per 100 gram.

Itulah nama-nama sayuran yang mengandung vitamin C. Tidak menutup kemungkinan masih ada lagi sayuran lainnya yang mengandung vitamin C yang tak disebutkan di sini.
thumbnail
Judul: Jenis Sayur-sayuran Sumber Vitamin C
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Vitamin :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz