Kata-kata Mutiara

Kamis, 10 Oktober 2013

Nama-nama Buah yang Mengandung Vitamin C


Vitamin C atau disebut juga asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh karena berperan penting dalam pembentukan kolagen yang termasuk protein penting dalam penyusunan jaringan kulit, tulang, sendi, dan jaringan lainnya. Vitamin C juga termasuk antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.

jeruk mengandung vitamin C

Kebutuhan akan vitamin C perlu dicukupi. Namun, jangan sampai berlebihan (overdosis) dalam mengonsumsi vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan scuvy. Kalau sariawan penyebabnya bukan karena kekurangan vitamin C, melainkan ada sejumlah hal yang menyebabkan sariawan. Namun, mengonsumsi vitamin C saat sariawan ada baiknya, karena salah satu fungsi vitamin C adalah mempercepat penyembuhan luka.

Karena pentingnya vitamin C dalam tubuh, maka kebutuhan akan vitamin ini perlu dicukupi. Salah satu cara untuk mendapatkan asupan vitamin C yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Apa saja buah-buahan yang mengandung vitamin C? Berikut macam-macamnya.

1. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang sudah terkenal mengandung vitamin C. Buah ini mudah dijumpai dan bukan merupakan buah musiman. Jenis-jenis buah ini pun beragam, seperti jeruk mandarin, jeruk keprok, jeruk nipis, dan sebagainya. Cara penyajiannya bisa dimakan langsung atau dibuat jus terlebih dahulu. Untuk kandungan vitamin C-nya, buah ini mengandung 53,2 mg vitamin C per 100 gram. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C, buah jeruk bisa dijadikan pilihan.

2. Jambu biji
Meski buah jeruk yang seringkali dianggap mengandung banyak vitamin C, ternyata kandungan vitamin C-nya tidak jauh lebih banyak dari jambu biji. Bahkan, kandungan vitamin C pada jambu biji jauh lebih banyak dari jeruk. Jika pada jeruk mengandung vitamin C 53,2 mg per 100 gram, jambu biji mengandung vitamin C sebanyak 228,3 mg per 100 gram. Buah ini biasa dimakan secara langsung. Ada anggapan bahwa kalau makan jambu biji jangan bersama dengan bijinya, karena bijinya bisa menyebabkan usus buntu. Namun, penyebab usus buntu yaitu kurangnya minum air. Anda bisa cek di Google.

3. Pepaya
Pepaya merupakan buah yang mengandung banyak manfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya yaitu vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya bahkan lebih tinggi daripada buah jeruk. Pepaya mengandung 62 mg vitamin C per 100 gram.

4. Stroberi
Buah berikutnya yang mengandung vitamin C yaitu stroberi. Stroberi disebut juga arbei. Untuk nutrisinya, buah ini mengandung berbagai macam nutrisi, seperti mineral, vitamin, asam amino, dan berbagai nutrisi lainnya. Untuk vitamin yang terkandung dalam buah stroberi salah satunya adalah vitamin C. Kandungan vitamin C-nya yaitu 58,8 mg per 100 gram stroberi.

5. Mangga
Mangga merupakan buah musiman yang terdiri dari beragam jenis, seperti mangga golek, mangga arumanis, dan sebagainya. Buah ini mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan vitamin tertinggi pada buah mangga yaitu vitamin C dengan kadar 36,4 mg per 100 gram buah mangga.

6. Nanas
Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C dengan kadar cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah ini sebesar 47,8 mg per 100 gram buah nanas.

Itulah nama-nama buah-buahan yang mengandung vitamin C. Selain itu, masih banyak lagi, seperti buah kiwi, apel, blackberry, lemon, melon, tomat, blackcurrant, dan sebagainya. Baca juga informasi sumber dan fungsi vitamin A.
thumbnail
Judul: Nama-nama Buah yang Mengandung Vitamin C
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Gizi, Vitamin :

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat,silahkan kunjungi web kami http://bit.ly/2oRxd3w

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz