Kata-kata Mutiara

Rabu, 09 Oktober 2013

5 Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat - Karbohidrat merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa kenyang, mengatur metabolisme lemak, dan memperlancar pencernaan.


Secara kimiawi, karbohidrat tersusun atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Secara biokimia, karbohidrat merupakan polihidroksil-keton. Berdasarkan bentuk molekulnya, karbohdirat dibagi menjadi monosakarida (glukosa, fruktosa), polisakarida (selulosa, kitin, pati), disakarida, dan oligosakarida.

Ada berbagai makanan yang mengandung karbohidrat. Karena sebagai sumber energi dan menimbulkan rasa kenyang, makanan yang mengandung karbohidrat sering dijadikan sebagai makanan utama. Berikut ini adalah sejumlah bahanmakanan yang mengandung karbohidrat.

1. Beras
Beras merupakan sumber karbohidrat yang berupa glukosa. Ada berbagai macam olahan beras, misalnya nasi yang merupakan makanan pokok yang lazim ditemui di Indonesia. Selain itu, beras juga dapat diolah menjadi bubur, lontong, ketupat, dan sebagainya.

2. Singkong
Selain beras, singkong juga merupakan sumber karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung dalam singkong termasuk karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Dahulu, singkong merupakan makanan utama rakyat Indonesia, yaitu berupa singkong yang diolah menjadi gaplek. Selain gaplek, hasil olahan singkong dapat berupa tiwul, getuk, dan jintul.

3. Jagung
Bahan makanan berikutnya yang merupakan sumber karbohidrat yaitu jagung. Jagung termasuk bahan makanan pokok untuk sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Madura dan Nusa Tenggara. Hasil olahan jagung berupa nasi jagung, jagung rebus, blendung, dan bubur jagung. Jagung juga bisa dibuat tepung yang dinamakan tepung maizena.

4. Gandum
Gandum juga merupakan sumber karbohidrat. Bulir-bulir gandum diolah menjadi tepung terigu. Ada berbagai macam makanan olahan dari tebung terigu, salah satunya adalah roti yang merupakan makanan pokok di berbagai wilayah di dunia. Selain roti, kue dan mie juga termasuk makanan berbahan dasar terigu yang banyak digemari.

5. Sagu
Sumber karbohidrat berikutnya adalah sagu. Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Sagu merupakan olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia. Sagu biasa dimakan dalam bentuk papeda (semacam bubur). Dalam perkembangannya, sagu kini telah diolah menjadi mi dan mutiara.

Itulah sejumlah bahan makanan yang mengandung karbohidrat, khususnya bahan makanan untuk makanan pokok di Indonesia. Baca juga artikel tentang bahan makanan yang mengandung protein.
thumbnail
Judul: 5 Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Gizi, Karbohidrat :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz